Welcome To My Blog ^^

Angel Fairy.......

Minggu, 04 Maret 2012

Ciri-Ciri Teman Yang Baik ^^

Setia dalam persahabatan
Kesetiaan merupakan poin utama untuk membina sebuah hubungan yang sehat, baik dalam persahabatan atau pun dalam keluarga. Setiap orang tentu pernah membuat kesalahan pada suatu waktu, mengalami pasang surut kehidupan, bahkan menampilkan perilaku yang tidak dapat dibanggakan.

Ketika kita menemukan teman atau orang-orang terdekat yang dapat memaafkan dan
mendampingi kita dalam keadaan apa pun, kita patut bersyukur. Jangan pernah menyia-nyiakan loyalitas yang ditunjukkan oleh para sahabat dan hargailah selalu hal itu.

Respek
Perlakukan orang lain secara baik dan hormat agar kamu pun diperlakukan dengan cara yang sama. kamu pasti tahu, tidak enak rasanya diabaikan, dihakimi, dimanipulasi, direndahkan, atau diperlakukan secara kasar dan tidak layak. Memang ada kalanya kita tidak sependapat dengan pendapat teman atau orang terdekat. Tapi, menunjukkan rasa hormat tetap menjadi satu hal yang mutlak.

Tanpa syarat
Saat seseorang membantu orang lain dengan harapan mendapatkan sesuatu yang lain sebagai imbalan di masa depan. Seorang sahabat sejati bersedia membantu dengan tulus tanpa ada syarat apa pun.

Dapat dipercaya
Seorang sahabat yang baik seharusnya dapat dipercaya dan mampu menyimpan rahasia yang telah diamanatkan padanya. Sahabat yang baik tidak akan menusuk dari belakang, atau membocorkan aib temannya sendiri kepada orang lain. Jika kamu ingin menyampaikan sesuatu yang bersifat rahasia kepada sahabat, pastikan dulu bahwa ia memang dapat dipercaya.

Peduli
Perilaku yang tulus dan mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan orang lain sangat penting dalam menjalin hubungan yang solid. Jauhi sikap egois yang hanya memikirkan diri sendiri. Sebaliknya, tunjukkan kepedulian dengan memfokuskan perhatian terhadap orang lain agar ia merasa dihargai dan berarti.

Dapat diandalkan
Sahabat adalah orang yang dapat diandalkan ketika orang lain sepertinya tidak dapat diharapkan. Ketika seorang sahabat berjanji akan datang menghibur kamu disaat patah hati, maka ia akan benar-benar mengetuk pintu rumah kamu seperti yang telah dijanjikannya. Ia akan selalu ada untuk memberikan dukungan moral, bahkan materi, jika kamu membutuhkannya.

Dan, teman yang baik tak hanya untuk bersenang-senang. Tetapi juga membawa perubahan untuk kita menjadi lebih baik lagi. 

Seperti dikutip dari Huffington Post, Robert Wicks, seorang profesor psikologi sekaligus pengarang buku ‘Living The Resilient Life’ mengatakan, ada empat jenis teman yang patut dicari dan masuk dalam siklus hidup manusia, yang tentunya akan membuat hidup lebih bahagia dan berkualitas.

Tukang kritik

Teman dengan tipe jenis ini akan selalu mengingatkan ketika kita melakukan kesalahan. Tanpa diminta pun, ia akan selalu mengkritik kita bila melakukan sesuatu hal yang menyimpang. Tipe ini sangat baik untuk mengingatkan kita pada jalan yang benar, meskipun terkadang menyakitkan mendengar kritiknya yang agak pedas.

Pendukung

Anda yang memiliki teman seperti ini sangat beruntung, karena teman tipe ini akan selalu mendukung apa yang anda lakukan dan ikut bahagia dengan kesuksesan anda. Anda akan selalu merasa semangat dan termotivasi bila berada dekat-dekat dengannya.

Penggembira/penghibur
Mungkin tipe seperti ini yang lebih banyak disukai. Teman dengan tipe penggembira akan selalu membuat anda ceria kembali di saat sedih dan berduka. rasanya tidak lengkap jika berkumpul tapi tidak ada teman anda yang satu ini. Di saat anda frustasi dan depresi, teman tipe inilah yang lebih banyak membuat anda tertawa.

Pembimbing

Anda akan merasa lebih bahagia ketika memiliki teman tipe ini. Berada di sekitarnya akan membuat anda merasa tenang dan damai. Ia pun akan selalu memberi masukan dan nasihat yang berguna di kala anda membutuhkannya. Rasanya hidup anda menjadi terarah karena ada teman yang memberi masukan penting untuk hidup anda.

Jika Anda belum memiliki teman-teman seperti di atas, sebaiknya mulailah mencari karena saling berbagi karena teman yang seimbang akan membuat hidup anda lebih seimbang. Anda pun bisa terhindar dari penyakit stres dengan saling berbagi dengan mereka. ^^

Tidak ada komentar: